Kelembagaan di Desa Larangan Perreng

Di Desa Larangan Perreng terdapat beberapa organisasi yang terbentuk diantaranya: Karang Taruna, Kelompok Tani, PKK, kelompok peternak dan lain-lain.  Lembaga Kemasyarakatan Desa/Kelurahan telah memiliki gedung/kantor LPMD/KPMD, komputer, printer, LCD proyektor dan perlengkapan seperti meja dan kursi.



Karang Taruna Desa Larangan Perreng memilik anggota sebanyak 33 orang. Akan tetapi karang taruna di desa ini belum begitu eksis dalam berkontribusi untuk kegiatan desa.
       
       PKK yang terdapat di Desa Larangan Perreng memiliki jumlah pengurus sebanyak 8 orang dengan jumlah anggota sebanyak 12 orang. PKK memiliki kegiatan rutin yang dilakukan setiap seminggu sekali pada hari jumat yaitu acara tahilan dan arisan.




Kelompok Tani Desa Larangan Perreng yang tergabung dalam GAPOKTAN antara lain:
1.    Kelompok Tani Sumber Agung
Kelompok Tani Sumber Agung terletak di Dusun Sumber Gentong dan terdiri dari 45 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 3,00 ha, (2) tegal seluas 30,00 ha, dan (3) pekarangan seluas 3,20 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele dan mujair.
2.    Kelompok Tani Sumber Panyepen
Kelompok Tani Sumber Panyepen terletak di Dusun Kerrem dan terdiri dari 24 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 10 ha, (2) tegal seluas 25 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,70  ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
3.    Kelompok Tani Setia Djaya
Kelompok Tani Setia Djaya terletak di Dusun Taretah dan terdiri dari 26 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 9 ha, (2) tegal seluas 10 ha, dan (3) pekarangan seluas 0,68 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
4.    Kelompok Tani Sumber Mulya
Kelompok Tani Sumber Mulya terletak di Dusun Taretah dan terdiri dari 36 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 6 ha, (2) tegal seluas 20 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,50 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
5.    Kelompok Tani Sari Jaya
Kelompok Tani Sari Jaya terletak di Dusun Kerrem dan terdiri dari 34 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 9,00 ha, (2) tegal seluas 10,00 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,16 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
6.    Kelompok Tani Sumber Sukun
Kelompok Tani Sumber Sukun terletak di Dusun Moccol dan terdiri dari 36 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 9 ha, (2) tegal seluas 20 ha, dan (3) pekarangan seluas 2,50 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, dan (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam.
7.    Kelompok Tani Makmur Jaya
Kelompok Tani Makmur Jaya terletak di Dusun Taretah dan terdiri dari 20 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 1,5 ha, (2) tegal seluas 30 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,7 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
8.    Kelompok Tani Sumber Penang
Kelompok Tani Sumber Penang terletak di Dusun Kerrem dan terdiri dari 23 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 10 ha, (2) tegal seluas 30 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,60 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
9.    Kelompok Tani Sumber Hasil
Kelompok Tani Sumber Hasil terletak di Dusun Lembanah. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 0 ha, (2) tegal seluas 30 ha, dan (3) pekarangan seluas 5 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, kelinci, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
10.   Kelompok Tani Sumber Makmur
Kelompok Tani Sumber  Makmur terletak di Dusun Sumber Gentong dan terdiri dari 34 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 0 ha, (2) tegal seluas 25 ha, dan (3) pekarangan seluas 2,26 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
11.   Kelompok Tani Sumber Ukir
Kelompok Tani Sumber Ukir terletak di Dusun Tenggiah dan terdiri dari 21 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 0 ha, (2) tegal seluas 17 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,45 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
12.   Kelompok Tani Sumber Urip
Kelompok Tani Sumber Urip terletak di Dusun Tengginah dan terdiri dari 45 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 0 ha, (2) tegal seluas 30 ha, dan (3) pekarangan seluas 2,25 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari jagung, kacang tanah, kacang hijau, lombok, dan pisang, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, kelapa, dan siwalan (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
13.   Kelompok Tani Sumber Moccol
Kelompok Tani Sumber Moccol terletak di Dusun Moccol dan terdiri dari 26 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 9 ha, (2) tegal seluas 20 ha, dan (3) pekarangan seluas 1.9 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
14.   Keompok Tani Lembah Lestari
Kelompok Tani Lembah Lestari terletak di Dusun Kerrem dan terdiri dari 36 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 9 ha, (2) tegal seluas 30 ha, dan (3) pekarangan seluas 2 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele.
15.   Kelompok Tani Sakinah
Kelompok Tani Sakinah terletak di Dusun Sumber Gentong dan terdiri dari 25 anggota. Pemilikan luas lahan antara lain: (1) sawah seluas 3 ha, (2) tegal seluas 24 ha, dan (3) pekarangan seluas 1,7 ha. Potensi Usaha tani antara lain: (1) bidan pertanian terdiri dari padi, jagung, kacang tanah, lombok, pisang, dan kedelai, (2) bidang perkebunan terdiri dari tembakau dan cabe jamu, (3) bidang peternakan terdiri dari sapi, kambing, dan ayam, dan (4) bidang perikanan terdiri dari lele dan mujair.

      Selain karang taruna, PKK dan juga kelompok tani, di desa ini juga memiliki kelompok peternak yang beranggotakan sekitar 30 orang dan tersebar di beberapa dusun.

Comments

Popular posts from this blog

Desa Larangan Perreng, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep

Bagaimana Sejarah Desa Larangan Perreng?

Kenalan Yuk sama Perangkat Desa Larangan Perreng